Ini dia Daftar Biaya Custom Clearance Ekspor

Ini dia Daftar Biaya Custom Clearance Ekspor

Para pebisnis internasional pastinya menginginkan proses bisnisnya berjalan dengan lebih mudah bukan? Untuk itu, biasanya mereka akan menyewa jasa kepabeanan dengan biaya jasa customs clearance ekspor yang murah dan terjangkau.

Pilihan Pengiriman Barang Ekspor Menggunakan Jasa Customs Clearance

Ketika hendak melakukan kegiatan ekspor atau pengiriman barang dari dalam ke luar negeri, Anda memiliki dua pilihan jalur. Alternatif rute tersebut ialah melalui udara menggunakan pesawat atau via laut dengan kapal.

Beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memilih jalur pengiriman barang antara lain yakni, Ukuran Kargo, Durasi Pengiriman dan Biaya Custom Clearance.

Biaya Custom Clearance Ekspor Pengiriman Barang Ekspor Via Laut

jasa import door to door murah

Apabila Anda memiliki kargo dengan ukuran besar dan menginginkan durasi shipping standar, maka pengiriman barang ekspor melalui jalur laut merupakan pilihan yang tepat. berikut merupakan daftar biayanya:

  1. Biaya Layanan Custom Clearance Kapal

Biaya layanan custom clearance via laut yang dikenakan kepada klien dipengaruhi oleh jenis kargonya. Untuk Less Container Load (LCL), tarif jasa barang dengan berat 1 hingga 3 ton adalah Rp. 450.000 sampai Rp. 600.000.

Sedangkan bagi jenis kargo Full Container Load (FCL), tarif jasa ukuran 20 kakinya adalah Rp. 1.800.000 dan harga untuk size 40 feetnya yakni, Rp. 1.950.000.

  • Biaya Pengangkutan

Kemudian, jasa tersebut juga menyediakan layanan trucking. Tarif pengangkutan untuk container jenis LCL dengan berat 1 hingga 3 ton adalah Rp. 650.000. Selanjutnya, apabila ada penambahan kargo, biaya tambahannya ialah Rp. 200.000 per 100 kg.

Layanan pengangkutan juga disediakan untuk kargo dengan jenis full container load. Biaya trucking FCL 20 kaki adalah Rp. 1.750.000. Sedangkan untuk size 40 feet yakni, Rp. 1.900.000.

  • Biaya Kartu Ekspor

Layanan ini juga memberikan jasa pembuatan kartu ekspor bagi kargo jenis Full Container Load (FCL). Export card tersebut merupakan salah satu dokumen terpenting agar barang lolos pemeriksaan kepabeanan dan dapat berlayar ke luar negeri.

Biaya pembuatan kartu ekspor untuk full container load ukuran 20 kaki adalah Rp. 350.000. Sedangkan tarif export card FCL 400 feet yaitu, Rp. 450.000

Biaya Custom Clearance Pengiriman Barang Ekspor Via Udara

Jika Anda memiliki kargo dengan ukuran sedang dan membutuhkan durasi pengiriman yang cepat, maka jalur udara adalah pilihannya. Berikut merupakan beberapa daftar biayanya:

  • Biaya Custom Clearance Pesawat

Segala macam pengiriman dan urusan kepabeanan ekspor melalui jalur udara dapat ditangani oleh jasa ini dengan baik. Untuk pengangkutan tiap kargo barang seberat 100 kg, akan dikenakan tarif mulai dari Rp. 450.000.

Selanjutnya, apabila ada penambahan berat kargo, Anda akan dikenakan tambahan biaya jasa sebesar Rp. 2.000 per kg.

  • Biaya Pengangkutan

Ketika barang telah sampai di tempat tujuan, Jasa Import Door To Door tersebut juga menyediakan layanan pengakutan dari bandara. Tarif trucking kargo ekspor per 100 kgnya dipatok mulai dari Rp. 550.000, ini tergantung pada jarak pengirimannya.

Kemudian, jika kargo ekspor Anda memiliki berat lebih dari 1 ton, tarif tambahan per kilogramnya ialah Rp. 2.000.

  • Biaya Rush Handling

Apabila Anda menginginkan proses custom clearance dan pengiriman yang lebih cepat. Maka dapat memanfaatkan layanan rush handling. Pilihan ini sangat cocok bagi tipe kargo dengan isi barang-barang tipe time-sensitive.

Tambahan biaya rush handling untuk custom clearance via pesawat terbang adalah Rp. 200.000 per kargonya.

Beberapa daftar biaya custom clearance ekspor di atas dapat menjadi pertimbangan untuk memilih jasa dan jalur pengiriman barang paling tepat. Agar tidak merugi, pilihlah layanan kepabeanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.