Cara Mendesain Interior Rumah Yang Bagus Dan Enak Dilihat

Cara Mendesain Interior Rumah Yang Bagus Dan Enak Dilihat

Menciptakan desain interior rumah yang bagus memang perlu panduan teknis. Seorang desainer hampir selalu berpatokan dengan aturan, meskipun itu tidak tertulis. Tetapi hasilnya sangat luar biasa.

Anda juga bisa melakukannya sendiri. Kuncinya ialah mampu menjaga keseimbangan setiap elemen dalam desain interior. Di antaranya meliputi bentuk, pola, ruang, pencahayaan sampai tekstur.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips khusus yang bisa Anda praktikan sewaktu ingin mempercantik interior rumah berkonsep minimalis. Langkahnya adalah sebagai berikut ini.

Pahami Konsep Ruang Dalam Rumah

Faktanya, ruang dalam rumah cukup sulit untuk diubah. Perubahan kecil bisa malah bisa mengubah konsep awal. Maka dari itu, Anda perlu memahami tentang fungsi dari ruang itu sendiri.

Pahami Konsep Ruang Dalam Rumah

Dalam dunia desain, konsep ruang ini terbagi menjadi 2. Pertama ialah ruang positif. Kedua adalah ruang negative.

Ruang positif dipahami sebagai ruang di mana ruang tersebut memang di konsep untuk meletakkan sejumlah perabotan rumah. Ini bisa berupa meja, kursi, sofa, ranjang dan lain sebagainya.

Sementara ruang negative berkaitan langsung dengan space atau ruang kosong. Artinya, ruangan ini memang dibiarkan tanpa adanya peletakan dari perabotan. Meskipun itu hanya satu buah saja.

Dan dalam rumah, konsep tersebut akan dikombinasikan. Tata ruangnya sudah di konsep sejak awal. Makanya, perubahan kecil bisa merubah segalanya dan berpotensi mencederai tampilan.

Jika Anda memang berniat untuk melakukan perubahan tetapi tidak ingin kehilangan keseimbangan desain, Anda bisa konsultasi pada jasa desain interior rumah. Jasa inilah yang akan membantu dalam menilai, sekaligus memberikan arahan agar hasil desainnya lebih bagus.

Intinya, Anda hanya perlu melihat konsep ruang mana yang perlu diperbaiki. Misalnya apakah perlu ditambahi atau dikurangi perabotannya atau tidak.

Memberikan Sekat Bergaris Pada Konsep Ruang Negatif

Sebagian pemilik rumah tidak ingin ruang dalam rumahnya dibiarkan terbuka begitu saja. Apalagi bisa dilihat langsung dari ruang tamu. Karena kesannya tidak ada privacy sama sekali.

Berikan Sekat Bergaris Pada Konsep Ruang Negatif

Beruntungnya, Anda masih bisa mengakalinya. Anda bisa menempatkan sebuah partisi atau penyekat antara kedua ruangan tersebut. Penyekat  yang bagus memiliki kriteria bisa menciptakan kesan lapang.

Kesan lapang dan besar bisa diwujudkan dengan menerapkan sekat bergaris vertical. Penyekat ini bisa menjadi ilusi, membuat ruangan tampak lebih tinggi dan luas.

Meskipun ditempatkan di area negative, tetap saja ruangan tampak lebih luas. Oleh karenanya, tidak salah bila Anda memilihnya sebagai pembatas antara kedua ruangan di rumah minimalis.

Meningkatkan Pencahayaan Ruang

Ruang yang tampak cerah mampu menghadirkan kesan luas dan hangat. Kesan ini menjadi prioritas utama yang ingin diwujudkan oleh jasa desain rumah. Anda bisa mendiskusikannya untuk mendapatkan saran terbaik bagi rencana desain rumah.

Meningkatkan Pencahayaan Ruang

Mengenai pencahayaan, Anda perlu memastikan kebutuhan dari ruang itu sendiri. Ini secara tidak langsung menjelaskan tentang seberapa intent Anda dalam melakukan aktifitas dalam ruang tersebut. Jika ruang tersebut banyak digunakan, penting bagi Anda untuk mengatur pencahayaan dengan tepat.

Pencahayaan ini akan menjadi aksen, sekaligus mampu menunjukkan potensi dari ruangan itu sendiri. Anda bisa menggunakan pencahayaan lampu, sinar matahari dan lain sebagainya.

Sebagai pendukungnya, Anda juga perlu mempertimbangkan warna dari ruang. Kemudian, pastikan untuk lebih teliti dalam menentukan dekorasi dari rumah. Itu yang akan mendukung pada keberhasilan dalam desain.

Kesimpulannya, ketahui jenis konsep ruang yang ada, lantas permanis dengan penempatan perabotan yang sesuai. Dengan begitu, Anda akan sukses dalam mempercantik interior rumah Anda.