Tips Aman Sewa Bus Jakarta Barat Selama Masa Pandemi

Tips Aman Sewa Bus Jakarta Barat Selama Masa Pandemi

Di masa new normal sekarang ini, penyedia jasa sewa bus Jakarta Barat mulai kembali beroperasi. Penumpang pun diwajibkan melindungi keamanan dirinya sebagai syarat sewa bus jakarta. Lantas, bagaimana tips aman sewa bus agar terlindung dari virus?

Semenjak Covid-19 tersebar di Indonesia, semua sektor dituntut agar bisa beradaptasi. Termasuk di sektor jasa penyewaan bus Jakarta Barat. Protokol kesehatan dan langkah pencegahan virus wajib diterapkan saat di bus.

Tips Aman Sewa Bus Jakarta Barat Selama Pandemi

Walau di masa pandemi, sewa bus terkadang masih dibutuhkan. Karenanya, penyedia jasa ini juga masih berjalan. Dengan tentu saja tetap memerhatikan keamanan bersama. Di mana semua penumpang wajib melindungi dirinya masing-masing.

Nah, meski risiko tertular virus jika menggunakan sewa bus lebih rendah dibandingkan transportasi umum. Namun Anda tetap harus berhati-hati. Bagaimana caranya? Simak berikut ini:

  • Selalu Pakai Masker

Masker adalah barang wajib yang harus dipakai selama pandemi. Tak terkecuali saat di bus, semua penumpang wajib memakainya. Fungsinya ialah untuk dapat mencegah penyebaran virus melalui udara.

Anda juga bisa memakai masker bersamaan dengan face shield. Ini akan menjadi perlindungan double pada area wajah. Selain itu, perhatikan juga etika batuk dan bersin saat di dalam bus. Jangan mengarahkannya pada penumpang lain.

  • Jaga Jarak Antar Penumpang

Dengan menyewa bus sendiri, hal ini seharusnya lebih mudah diterapkan. Anda dan rombongan bisa mengatur tempat duduk lebih leluasa. Sebab jumlah peserta yang sudah disesuaikan dengan kapasitas bus sebelumnya.

Disarankan, jaga jarak minimal 1 meter dengan penumpang bus lainnya. Tak ada salahnya juga sewa bus yang kapasitasnya lebih besar dari jumlah rombongan. Juga hindari terlalu banyak mengobrol dengan penumpang yang lain.

  • Rajin Cuci Tangan

Untuk memastikan tangan tetap bersih, rutinlah mencuci tangan. Baik itu dengan air dan sabun maupun hand sanitizer. Lakukan setiap sebelum masuk bus dan setelah keluar bus. Atau setiap kali memegang area bus yang rawan disentuh.

Selain itu, hindari juga menyentuh bagian wajah. Kalau ingin makan atau minum, pastikan dulu tangan bersih. Pakailah hand sanitizer di setiap kesempatan.

  • Perhatikan Ventilasi di Kabin Bus

Penyedia jasa sewa bus biasanya akan menyalakan AC selama perjalanan. Nah, untuk menjaga kualitas udara di dalam bus, bukalah jendela beberapa saat. Hal itu akan membuat udara bertukar sehingga lebih bersih.

Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Sewa Bus Saat Pandemi

Selain beberapa tips di atas, ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Tidak hanya ketika akan sewa bus saja, tetapi juga saat sewa elf jakarta atau lainnya. Anda harus memperhatikan hal berikut:

Yang Harus Diperhatikan Ketika Akan Sewa Bus Saat Pandemi
  • Kondisi Kesehatan Tubuh

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan dulu kondisi kesehatan Anda. Apakah tubuh dalam keadaan fit atau tidak. Kalau perlu, lakukan juga uji tes PCR.

Bila ada orang sekitar yang Anda curigai sakit, hindari berdekatan dengannya. Jika bisa, jangan lakukan kontak apapun. Kalaupun sudah terlanjur, sebaiknya urungkan dulu niat perjalanan Anda.

  • Barang Pribadi yang Dibawa

Dalam masa pandemi, ada baiknya Anda bawa peralatan sendiri. Contohnya alat ibadah, selimut dan makanan.

Ini mungkin memang sudah disediakan oleh jasa sewa bus. Tapi akan lebih baik bila Anda membawanya sendiri. Jangan lupakan juga membawa tisu kering dan basah, hand sanitizer serta masker cadangan.

Untuk sewa bus Jakarta Barat selama pandemi, Anda harus lebih selektif memilih jasa. Selain yang profesional, mereka juga harus mengedepankan kesehatan dan keselamatan penumpang. Di samping penumpang yang harus melindungi diri mereka sendiri.